risiko asma

RISIKO ASMA

ASMA BERISIKO ASAM LAMBUNG

Gaya hidup sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh. Terlebih apabila tubuh sehat terus stabil tentu sebagai penunjang keberhasilan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu apakah Anda tahu ? Apabila Anda mengonsumsi asam berlebih penyebabnya bagaimana ? Penyebabnya adalah asam lambung naik ke kerongkongan dan ngerinya lagi akan membuat otot LES mengendur, sehingga menyebabkan penyakit GERD.

Risiko Asma Untuk ASAM LAMBUNG
Risiko Asma Untuk ASAM LAMBUNG

Hati-hati Penderita Asma Lebih Berisiko Asam Lambung 

Asma adalah penyakit yang terjadi ketika saluran pernapasan bermasalah atau tepatnya dalam paru-paru. Apabila hal ini terus-menerus terjadi, maka risiko GERD sangat amat bisa terjadi. Oleh karena itu, penderita asma lebih rentan dua kali lipat dari orang normal untuk mengalami asam lambung.

Ubah Makanan Menjadi Lebih Sehat

Penderita Asma hendaknya memilih makanan sehat untuk mencegah terjadinya asam lambung atau berujung GERD. Adapun makanan yang bisa Anda Konsumsi sebagai berikut.

Brokoli 

Sayuran ini memiliki banyak serat yang mana dapat meminimalisir asam lambung. Selain itu, brokoli memiliki vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Dengan manfaat brokoli ini, akan mencegah asam lambung kambuh ketika asma kambuh.

Kol 

Kol mengandung asam amino glutamin yang dapat membantu mengobati luka pada saluran pencernaan, dan nutrisi bagi kesehatan lambung. Selain itu dapat membantu mengobati luka pada saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi kol, akan membantu meringankan tubuh tidak mengalami gejala asam lambung.

Umbi Garut 

Umbi garut tidak kalah penting memberikan nutrisi. Apalagi umbi garut  memiliki serat yang tinggi, sehingga mengenyangkan dan mampu menetralisir asam lambung. Anda bisa mengonsumsi umbi garut untuk sarapan dan makan malam dalam kemasan praktis tetapi tidak mengubah sedikitpun manfaatnya.

Oriflakes Gastro 

Oriflakes gastro memiliki kandungan umbi garut yang bisa Anda konsumsi untuk sarapan.  Rasanya terdapat jahe dan vanila, yang mana dapat membantu meringankan stress, sehingga faktor pemicu asam lambung tetap terjaga.

Pisang 

Buah pisang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengantisipasi pencegahan naiknya asam lambung. Buah yang satu ini pun bisa Anda jadikan salad dan sebaiknya gunakan susu yang mengandung gumpalan protein mudah dicerna.

Ubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Sehat 

Bayangkan saja apabila Anda jarang sarapan, maka lambung tidak ada yang dicerna untuk menjadi energi. Hal tersebut menyebabkan luka, atau terjadi peradangan. Dan apabila Anda sarapan yang tidak sehat, maka akan menyebabkan lambung menjadi luka. Oleh sebab itu pilihlah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti:

Berolahraga

Berolahraga juga sangat penting untuk kesehatan lambung. Apalagi jika Anda lakukan secara rutin, maka akan merasakan manfaatnya seperti badan lebih bugar, dan fit. Adapun Anda dapat melakukan olahraga yaitu seperti Yoga, jalan kaki, berenang, dan lainnya.

Duduk Setelah Makan 

Duduk setelah makan bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya refluks asam lambung. Bahkan dengan cara ini akan lebih membantu pelindungan gigi. Sebab ketika asam lambung naik, dapat menyebabkan pengikisan gigi. Selain itu refluks asam lambung akan menyebabkan bau mulut.

Hindari Makanan yang Mengandung Pemanis Lebih 

Makanan yang mengandung pemanis lebih biasanya akan menyebabkan hormon insulin kesulitan bekerja, sehingga terjadilah penumpukan gula dalam jaringan tubuh. Kondisi ini yang menyebabkan penumpukan lemak, sehingga bisa terjadi tekanan dalam perut.

Hindari Junk Food

Junk food biasanya mengandung lemak yang sangat berlebih. Hal demikian bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda mengonsumsi Junk Food satu Minggu sekali. Setelah itu cobalah lapisi lambung dengan mengosumsi Oriflakes untuk lambung lebih terjaga.