cara mencegah asam lambung

Air Kelapa Untuk Asam Lambung

Manfaatkan Minum Air Kelapa Untuk Penderita Asam Lambung 

Siapa sih yang nggak merasa sebel kalau asam lambung kumat ? Udah berasa tersiksanya minta ampun apalagi kalau aktivitas lagi banyak-banyaknya. Kondisi ini pastinya sangat menggangu, apalagi jika sudah mulai merasakan gejala seperti nyeri di ulu hati, dada terasa panas, dan kesulitan menelan. Mungkin Kamu pernah merasakannya ?

Fakta dari Asam Lambung

Asam Lambung sangat sensitif terhadap asupan makanan. Makannya harus benar-benar berhati-hati supaya nggak terjadi iritasi pada lambung. Tidak hanya itu, asam lambung pun bisa menyebabkan gejala maag yang dapat mengikis lapisan lambung, sehingga lama-lama bisa menyebabkan penyakit tukak lambung. Padahal lambung adalah salah satu organ yang berperan mencerna makan. Tapi faktanya ketika lambung sudah terkikis, maka tubuh akan sulit mendapatkan nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu keberadaan air kelapa menjadi sangat penting dalam menangani atau mencegah akibat refluks asam lambung.

Air Kelapa Untuk Atasi Asam Lambung 

Inilah saatnya mengatasi asam lambung dengan cara alami. Dengan alami tubuh terasa lebih aman dan paling penting bisa cegah ketergantungan kan ? Tapi perlu mengingat bahwa air kelapa sendiri memiliki jumlah kalori yang tinggi, sehingga apabila mengonsumsinya tidak terukur akan mengakibatkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, perlunya membatasi air kelapa supaya berat badan pun tetap normal dan kesehatan terjaga.

  1. Air Kelapa Sebagai Antioksidan

Buat tubuh, antioksidan sangat penting yaitu membantu menangkal radikal bebas terhadap zat-zat kimia yang ada dalam makanan yang di konsumsi. Sumber dari antioksidan ini bisa diperoleh dari berbagai makanan dan minuman seperti air kelapa. Air kelapa memiliki antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga tubuh terlindungi dari pengaruh zat-zat kimia.

2. Air Kelapa Mampu Mengontrol Gula Darah 

Air kelapa memiliki serat yang tinggi dan asam amino yang dapat membantu mengontrol gula darah. Asam amino di dalam air kelapa ini akan bekerja membuat protein yang berfungsi memperbaiki jaringan tubuh, dan menghancurkan makanan, sehingga tubuh mendapatkan energi. Oleh sebabnya bagi penderita gula darah tinggi sangatlah penting terpenuhi oleh asam amino. Selain itu air kelapa juga bantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga sel-sel tubuh dapat berkolaborasi untuk menjadikan makanan menjadi energi.

3. Air Kelapa Bantu Menurunkan Asam Lambung 

Air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti air dan kelebihannya adalah dapat mendinginkan perut. Oleh karena itu, air kelapa ini dapat mengatasi adanya gejala dari asam lambung seperti menringankan nyeri, panas dalam perut serta sensasi terbakar pada dada. Selain itu air kelapa akan membantu tubuh memproduksi lendir lebih banyak, sehingga akan melindungi kenaikan asam lambung. Bahkan karena seratnya yang tinggi pun mampu mencegah terjadinya kenaikan asam lambung, dan mampu mengobati pencernaan. Namun kalau dirasa masih kurang kenyang, Kamu bisa mengonsumsi sereal dari Oriflakes yang kandunganny tinggi serat. Jadi Oriflakes akan membantu meminimalisir asam lambung yang terjadi.

4. Air Kelapa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Selain memiliki serat serta asam amino, air kelapa memiliki kandungan vitamin b, c kalsium, magnesium yang dapat mengendalikan tekanan darah tinggi. Hebatnya lagi air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang dapat bantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Menikmati Air Kelapa

Menikmati air kelapa akan lebih sehat kalau terkombinasikan dengan buah-buahan. Tapi yang pasti buah-buahan yang nggak bersifat asam biar nggak kena asam lambung. Misalnya saja seperti pepaya, pisang, semangka, dan apel.

Caranya cukup mudah yaitu seperti:

  1. Kalau Kamu pengen yang banyak airnya, maka pilihlah air kelapa muda. Tapi kalau ingin yang banyak dagingnya, yaitu pilihlah air kelapa tua. Keduanya sama-sama menyehatkan, tetapi semakin buah berumur, maka kandungan gizinya lebih optimal. Jadi air kelapa tua sangat disarankan untuk menutrisi tubuh.
  2. Kemudian siapkanlah air kelapa sebanyak 1 liter air. dan kerok dagingnya.
  3. Keduanya bisa langsung disajikan ke dalam mangkok.
  4. Untuk mendapatkan kesegaran lain serta pemanis yang lebih sehat, masukanlah buah seperti apel, pisang, dan pepaya.

Yup cara di atas bisa Kamu praktikan di rumah dan menimatinya bersama keluarga.