Penyebab Maag dan cara mengatasi maag

Makan Terlalau Cepat Asam Lambung Naik

Makan Cepat Penyebab ASAM LAMBUNG Naik

MAKAN CEPAT MENYEBABKAN ASAM LAMBUNG NAIK

Makan terlalu cepat terkadang terjadi karena beberapa faktor antara lain tuntutan kerja segera selesai, ditunggu teman, dan harus menyelesaikan pekerjaan lain. Kondisi ini terkadang menjadi solusi supaya menghemat waktu, dan digunakan untuk menyelesaikan banyak hal. Namun tahukah Kamu ?, bahwa makan terlalu cepat bisa menyebabkan banyak risiko, salah satunya yaitu menyebabkan asam lambung naik. Sebab ketika makan terlalu cepat, maka meningkatknya aliran balik asam lambung ke kerongkongan, sehingga bisa menyebabkan GERD. Gejalanya adalah nyeri di ulu hati dan terkadang merasa sesak nafas.

Makan Terlalu Cepat juga Menyebabkan Risiko Lain

Sekilas memang bukan masalah serius, apalagi waktu kecil, kebanyakan orang tua mengajari untuk makan cepat, atau “makan cepet kui tandane kerjane juga cepet,” tetapi ketika dibiarkan secara terus menerus, maka akan menjadi serius. Oleh karena itu, ini menjadi hal yang harus digaris bawahi untuk dibenahi bahwa makan cepat itu tidak baik. Lalu apa saja faktornya ?

  1. Sindrom Metabolik

Metabolisme adalah proses kimiawi yang berfungsi mengubah makanan atau minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Namun ketika metabolisme terganggu oleh beberapa faktor, misalnya makanan berlemak, atau minuman asam akan menyebabkan syndrome metabolik. Sebab syndrome metabolik ini terjadi karena penurunan sensivitas tubuh terhadap hormon insulin. Padahal hormone insulin ini mengubah gula menjadi energy, ketika fungsinya menurun, maka akan berdampak pada kesehatan, misalnya naiknya asam lambung sampai GERD dan tukak lambung.

  1. Penyakit Asam Lambung

Sudah disinggung di atas bahwa asam lambung disebabkan salah satunya karena makan cepat. Coba bayangkan jika makan terlalu cepat, makan sebelumnya belum selesai dicerna, tetapi sudah dimasukan makan selanjutnya. Akhirnya ? kerja lambung akan semakin keras,begitupun dengan metabolism tubuh, sehingga bisa menyebabkan penumpukan asam di dalam perut. Setelah itu asam lambung yang banyak itu bisa naik ke kerongkongan, atau lapisan lambung bagian dalam (mukosa).

  1. Berat Badan Menjadi Naik

Sudah menjadi risiko ketika makan terlalu cepat akan menyebabkan berat badan menjadi naik. Sebab, ketika makan terlalu cepat, jumlah kalori yang masuk pasti akan banyak. Apalagi ketika makan yang berlemak, tentu akan menjadi pemicu dua kali lipat penyebab berat badan naik. Ketika berat badan naik, maka bisa menyebabkan lemak di perut dan mengalami tekanan. Hal ini adalah risiko terjadinya kenaikan asam lambung.

Tips Mencegah Makan Tidak Cepat Supaya Asam Lambung Tidak Nak

Sudah tahu kan bagaimana efeknya ketika makan terlalu cepat ? Oleh karena itu perlunya tips supaya bisa mengantisipasi terjadinya kenaikan asam lambung.

  1. Menyediakan waktu

Usahakan ketika istirahat gunakan sebaik mungkin untuk menyelesaikan makanan dan minuman. Semua itu pun untuk kebaikan kesehatan tubuhmu, tidak mengapa pekerjaan dilakukan setelah jam istirahat. Terpenting adalah menjaga kesehatan, ketika Kamu bisa melakukannya, maka konsentrasimu pun setelahnya akan meningkat. Coba lakukan deh mulai sekarang.

  1. Pelan-pelan dalam mengunyah

Mengejar waktu terkadang menghabiskan makanan dengan cepat tanpa mempedulikan sudah halus belum. Keadaan tersebut menyebabkan kerja lambung menjadi berat, dan efeknya adalah kenaikan asam lambung. Nah sebaiknya waktu terbaik untuk menyelesaikan satu porsi adalah 20 menit. Ketika Kamu menyelesaikan dalam waktu 10 menit, maka itu artinya lambungmu dipaksa kerja keras, tentu lebih baik menjaganya bukan ?

  1. Fokus Makan

Siapa yang makan sambil main komputer atau melakukan aktivitas lain ? Kebiasaan inilah yang menyebabkan makan terlalu cepat, karena kurang menikmatinya. Selain itu hiptolamus juga akan kurang sensitive, bahwa syraf pusat otak tidak  memberikan sinyal sudah cukup makannya, sehingga akan berdampak makan terlalu banyak.