solusi asam lambung

Maag Muncul Pada Ibu Hamil

solusi asam lambung
Maag Dapat Terjadi pada ibu hamil

Maag kerap muncul saat-saat tertentu. Hal itu sangat menggangu aktivitas apalagi ketika lagi padat-padatnya deadline. Lalu apakah maag kerap muncul saat sedang keadaan hamil? Yup maag bisa muncul bahkan bisa sering muncul tergantung kondisi masing-masing tubuh. Sebab saat hamil akan mengalami perubahan hormon. Hormon tersebut namanya progesterone yang berfungsi membangun lapisan dinding rahim, sehingga dapat menimbulkan efek mual, bahkan muntah. Selain itu, hormon ini membuat rasa malas makan, dan kadar asam lambung naik, sehingga dapat menimbulkan penyakit maag. Jika tidak segera ditangani tentu maag dapat menimbulkan masalah serius.


Tips Untuk Ibu Hamil Mengatasi Sakit Maag

Hallo Moms menunggu-nunggu calon buah hati tentu impian bagi pasangan suami istri. Apalagi jika itu anak pertama. Nah tentu hal ini menjadi momen istimewa menjadi sejarah perjuangan Moms dalam menjaga kandungan hingga sampai buah hati keluar. Perjuangan menjaga memang tidak mudah jika ada kesenangan yang biasa dilakukan sebelum hamil. Contohnya seperti gaya hidup/pola makan yang tidak dijaga/sembarangan. Hal demikian ternyata yang bisa memicu penyakit maag kambuh bahkan bisa akut lho Moms. Kenapa? Sebab lambung bisa teritasi atau luka karena pola makan yang tidak teratur ataupun makan yang sembarangan. Nah buat Moms yang sedang mengalami hal tersebut berikut ada tips mengatasi sakit Maag.

  1. Kurangi Makan Pedas

Siapa sih yang gak suka pedas-pedas? Mungkin ada tapi kebanyakan orang pasti suka jika dibumbui pedas biasanya kalau orang jawa menyebutnya kleter. Boleh saja sih makan pedas, tapi harus diatur ya Moms, jangan kebanyakan. Sebab makanan pedas inilah yang bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan maag terjadi. Gak mau kan maag datang berulang kali? Dan pastinya gak mau kan imbasnya ke buah hati. Jangan sampai ya. Selain itu juga harus dihindari makanan yang menjadi pemicu maag seperti cuka, dan merica.

  1. Makanan Berkarbohidrat yang Sebaiknya Dihindari

Makanan yang sebaiknya dihindari supaya terhindar dari maag seperti bahan yang terbuat dari tales, jagung, beras ketan, dan dodol.

  1. Hindari Stress

Banyaknya aktivitas apalagi jika Moms bekerja juga memang kerap memikirkan banyak hal. Tapi sebaiknya diimbangi dengan melakukan hal yang disukai/hobi. Sebab hal tesebut mengurangi perubahan hormonal. Kenapa? Perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil bisa merangsang sel-sel lambung memproduksi asam lambung.

  1. Kurangi Makan yang Asam maupun Mengandung Gas

Nah Moms bisa mengomsusi dengan menghindari yang asam maupun yang kandungan gas. Untuk menghindari maag, Moms bisa menghindari makanan seperti sawi, nangka, kol, kedondong, dan buah yang dikeringkan.

  1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan sangat baik untuk mengantisipasi penyakit maag. Seperti apa ya? Yaitu jangan menyepelakan waktu makan. Usahakan Moms makan dalam porsi kecil tapi sering, dan tunggu 2-3 jam sebelum berbaring ya.

  1. Hindari Minuman berkafein

Mengatasi sakit maag juga bisa dengan menghindari minuman berkafein seperti kopi dan soda ya Moms. a

  1. Atur Posisi Duduk

Nah Moms jika saat makan posisi duduk biasanya membungkuk, sekarang usahakan tegak ya. Sebab jika membungkuk bisa menyebabkan naiknya asam lambung dan mengakibatkan maag.

  1. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng akan sulit dicerna dan bisa menyebabkan risiko refluks asam. Coba makanan yang dikukus, direbus atau dipanggang. Dengan begitu maag bisa teratasi karena refluks asam tidak jadi terjadi.

  1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan sehat menjadi solusi supaya tetap sehat dan aman dari magh. Nah Moms makanan di bawah ini dapat dijadikan acuan nih apa saja makanan yang dapat membantu mengatasi penyakit maag.

  • Sayuran

Yup. Sayuran memang menjadi center menu sehat bagi kebanyakan orang meski ada sebagian orang tidak boleh memakan sembarang sayuran ya. Untuk rekomendasi konsumsi sayuran seperti, brokoli, asparagus, kacang hijau, dan seledri adalah jenis sayuran yang rendah asam untuk lambung.

  • Sereal

Sereal dari bahan umbi garut baik untuk kesehatan pencernaan. Jadi Moms bisa konsumsi itu untuk mengatasi penyakit maag. Nah Moms mungkin karena kesibukan yang sangat padat baik di pekerjaan, urusan rumah tangga belum kegiatan warga, Moms tidak sempat mengolah umbi garut menjadi sereal mungkin juga takut salah cara membuatnya. Jangan khawatir Moms, kini sudah hadir dengan bentuk praktis dalam kemasan. Tapi berbahaya gak sih, aman gak sih? Tenang Moms, Sereal ini adalah Oriflakes yang bahan utamanya umbi garut pilihan (70%), gula kelapa, non dairy creamer, dan ada rasanya juga lho Moms. Tapi kalau Moms mau yang tanpa gula alias original juga ada kok. Nah lalu apakah dengan komposisi tersebut baik untuk mengatasi Maag buat ibu hamil? Tentu Moms. Kenapa? Sebab yang tadi sudah dijelaskn karena umbi garut yang mampu menetralkan asam lambung. Nah asam lambung ini yang bisa juga pemicu magh Moms. Selain itu, dalam kandungan Oriflakes sudah ada BPOM dengan bahan kualitas tinggi tanpa efek samping sekalipun dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Roti

Roti yang terbuat dari gandum dan tentunya dipenuhi oleh serat aman untuk lambung. Nah Moms bisa nih kreasikan roti dengan buah-buahan yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag.

  • Nasi Merah

Gunakan nasi merah sebagai alternatifnya ya Moms. Sebab nasi merah memiliki serat dan nutrisi yang tinggi baik untuk dikonsumsi oleh penderita magh. Selain itu, nasi merah dapat dipercayai mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh.

  • Daging dengan Rendah Lemak

Punya penyakit magh bukan berarti sama sekali tidak boleh mengonsumsi daging ya Moms. Apalagi daging kan memang makanan kebanyakan orang dan jadi hidangan di moment-moment tertentu. Nah bagian mana sih daging yang tidak berlemak? Jawabannya adalah dada ayam tanpa kulit Moms. Jadi Moms bisa makan dengan menu nasi merah dan dada ayam tanpa kulit untuk mencegah kemungkinan Maag akut ya Moms. Tetap jaga kesehatan dan calon buah hati.

f. Makan Buah-Buahan

Nah Moms, buah-buahan memang bagus buat kesehatan. Tapi untuk penderita magh sebaiknya hindari buah yang bisa membuat magh semakin parah. Apa aja sih?

  •  Tomat
    Kenapa tomat? Sebab tomat memiliki kandungan asam sitrat dan asam latrat. Nah karena kandungan asam tersebut bisa membuat asam lambung naik. Kalau asam lambung naik, maka bisa menyebabkan magh juga lho Moms. Sebaiknya hindari ya Moms.
  • Jeruk Nipis
    Buah yang satu ini memang terkenal dengan keasamannya. Nah sebaiknya demi kesembuhan magh hindari ya Moms.

Moms bisa ganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang aman bagi maag. Apa saja?

  1. Apel
    Buah apel ini memiliki pectin yang berfungsi membantu melapisi dinding lambung, sehingga mengurangi asam lambung. Jika asam lambung berkurang, maka maghpun bisa cepat teatasi.
  2. Pepaya
    Pepaya memiliki enzim yang bernama papain. Nah enzim papain ini dapat mengatasi masalah gangguan pada system pencernaan dengan cara mengendalikan gejala asam lambung.
  3. Kelapa
    Buah dalam kelapa ini memiliki banyak mineral. Nah mineral dalam buah kelapa ini dapat menghambat peradangan di lambung, sehingga maag bisa teratasi. Sebaiknya konsumsi buah kelapa ini setiap hari berturut-turut selama dua Minggu.

Penjelasan di atas merupakan tips yang Moms bisa praktikan setiap hari. Paling penting adalah mindset dan action bahwa menjaga pola makan gaya hidup sehat itu penting. Sebab jika kita berhati-hati tentu hasilnya akan sesuai harapan terutama calon buah hati dan Moms sehat.