asam lambung, maag, oriflakes, gejala asam lambung

Penyebab Asam Lambung Kronis dan Solusinya

Asam Lambung

Penyakit asam lambung pada umumnya sering terjadi dan dialami oleh orang. Biasanya penyebab asam lambung cukup bervariasi. Biasanya ini terjadi karena asam lambung naik menuju esofagus atau kerongkongan.

Kondisi tersebut membuat lambung menjadi iritasi dan timbul rasa nyeri pada ulu hati. Terkadang banyak yang mulas pada area dada bagian bawah. Agar lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Asam Lambung Akut dan Kronis

Asam lambung merupakan penyakit yang sering dialami orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya asam lambung ini menyebabkan otot LES semakin melemah. Keadaan tersebut membuat kerongkongan tetap terbuka dan asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan.

Kondisi seperti ini sangat berisiko bagi mereka yang sudah berusia lanjut, obesitas, perokok, dan wanita hamil. Penyakit ini bisa menyerang bayi karena otot LES masih dalam masa pertumbuhan.

Berikut adalah penyebab seseorang bisa mengalami asam lambung.

Kebiasaan Makan yang Tidak Teratur

Biasanya asam lambung terjadi karena seseorang makan terburu-buru dengan porsi yang lebih sedikit. Ketika perut terlalu penuh dengan makanan maka asam lambung juga berpeluang naik. Akan lebih baik jika Anda makan dengan porsi yang cukup dan mengunyahnya secara lembut.

Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Bersoda

Pada dasarnya minuman bersoda memang melepas dahaga. Hanya saja sering membuat seseorang bersendawa yang melepaskan gas di perut. Sayangnya, hal tersebut bisa memicu asam lambung naik. Alangkah baiknya kurangi makanan junk food dan minuman bersoda untuk menghindari hal ini.

Merokok

Biasanya merokok juga menjadi penyebab naiknya asam lambung dalam tubuh. Pasalnya rokok bisa menyebabkan otot halus pada esofagus menjadi lebih rileks. Hal tersebut menyebabkan asam lambung semakin tinggi dan mengganggu kesehatan.

Gejala Asam Lambung

Setelah mengetahui penyebab asam lambung maka Anda perlu memahami gejalanya. Biasanya gejala asam lambung menyebabkan rasa terbakar dari dada yang menjalar ke leher. Tidak sedikit orang yang merasa mulas jika mengalami penyakit tersebut.

Bahkan keadaan tersebut bisa lebih parah ketika seseorang berbaring atau membungkuk. Saat penyakit kambuh biasanya gejala akan dirasakan beberapa jam dan terasa lebih buruk usai makan.

Penderita asam lambung akan mengalami rasa pahit di bagian belakang mulut. Selain itu ada yang memuntahkan makanan atau cairan dari perut. Bahkan bisa mengakibatkan gangguan pernapasan seperti batuk kronis atau asma.

Tidak sedikit dari mereka yang mengalami sakit dada, bau tidak sedap pada nafas, dan kerusakan pada gigi. Biasanya penyakit yang ringan hanya terjadi satu atau dua kali dalam sebulan. Tetapi penyakit yang sudah parah membutuhkan penanganan khusus dari medis.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Ada beberapa makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik tetapi ada juga yang bisa menurunkannya. Maka dari itu Anda wajib mengetahui makanan tersebut sebagai antisipasi kondisi kesehatan. Berbagai sayuran seperti brokoli, kentang, mentimun, dan kacang hijau baik untuk penderita asam lambung.

Selain itu rempah-rempah seperti jahe dan kunyit juga baik untuk meredakan asam lambung. Ada juga buah melon, pisang, pir, dan apel yang baik untuk dikonsumsi. Memilih buah yang menyehatkan bisa mendorong makanan melewati saluran pencernaan.

Mengkonsumsi yogurt juga baik untuk asam lambung. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit. Sehingga bisa memberikan efek yang baik untuk penderita asam lambung. Kandungan bakteri pada yogurt mampu menenangkan lambung dan memberi rasa nyaman.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Seseorang yang mengalami sakit asam lambung harus bisa memperbaiki pola hidup sehat. Alangkah baiknya Anda menurunkan berat badan, tidak langsung setelah makan, dan berhenti merokok.

Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan herbal racikan sendiri atau resep dokter. Minum obat secara teratur agar kesehatan lambung semakin terjaga dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi Oriflakes Gastro untuk menurunkan asam lambung.

Mengenal Oriflakes Gastro

Setelah memahami penyebab asam lambung Anda bisa mencegahnya dengan sereal sehat yang satu ini. Oriflakes Gastro sangat cocok untuk mengatasi dan mencegah terjadinya asam lambung maupun maag.

Dengan bahan dasar umbi garut maka Oriflakes Gastro bisa menjadi makanan alternatif penderita asam lambung. Memiliki kandungan nutrisi serta serat yang tinggi bisa menjaga organ pencernaan.

Oriflakes Gastro tersebut bisa Anda konsumsi dua kali dalam sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Sereal umbi garut ini dikombinasi sempurna dengan susu etawa dan gula kelapa. Cara penyajiannya juga cukup mudah, hanya dengan menyeduh air panas 150 ml.

Untuk mendapatkan Oriflakes Gastro kini sangatlah mudah karena tersedia di berbagai toko pilihan terbaik. Harganya sangat terjangkau dan menyesuaikan isi kantong.

Segera dapatkan solusi asam lambung yang jitu dan manjur untuk meredakan penyakit asam lambung dengan Oriflakes Gastro. Penting bagi Anda memahami penyebab asam lambung agar bisa menghindari pantangan makanan maupun kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan lambung Sehingga lambung lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.