cara mengatasi asam lambung

Asam Lambung

Ciri-ciri Naiknya Asam Lambung

Ciri – ciri Asam Lambung naik ialah ketika rasa seperti terbakar pada bagian dada ( heartburn ) dan biasanya rasa tersebut akan bertambah parah sesudah makan atau saat tiduran. Ciri – ciri tersebut dapat dibarengi dengan mengeluhkan gangguan pencernaan yang lain, contoh mersakan mual & muntah, merasakan sering bersendawa, maag dan nafas terasa sesak. Menderita Asam Lambung dapat juga menimbulkan bagian pada mulut terasa asam.

Pemicu Naiknya Asam Lambung

Salah satu pemicu naiknya asam lambung ialah Gorengan. Siapa yang tak suka dengan camilan berlapis tepung atau yang biasa kita sebut gorengan? Bisa dibilang hampir seluruh Indonesia suka dengan makanan yang satu ini. Karena selain enak, makanan ini juga harganya murah dan terjangkau.

Namun tahukah Anda ? bahwa terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi gorengan atau berbagai jenis makanan yang digoreng maupun berlemak sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda, karena makanan yang digoreng atau makanan yang mengandung lemak dapat memicu naiknya asam lambung.

Sehingga bagi para penderita asam lambung atau bahkan maag sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Saat makanan digoreng akan terjadi perubahan nutrisi yang menyebabkan kandungan air menghilng, dan kandungan lemak akan meningkat.

Akibat dari mengkonsumsi gorengan secara berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya asam lambung. Karena makanan yang berlemak atau mengandung lemak memakan waktu lebih lama untuk larut dalam tubuh., sehingga dapat tertahan di tubuh dalam waktu yang sangat lama.

Akibatnya tubuh akan menghasilkan asam lambung yang berlebih dalam sistem pencernaan, selain itu juga memperlambat pengosongan lambung sehingga lambung akan lebih terditensi dan meningkatkan kemungkinan terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan (refluks asam lambung) , terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Jika otot ini lemah maka kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung pun dapat naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini sangat mungkin berisiko terjadi kepada orang yang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang tidur setelah makan maupun wanita yang sedang hamil.

#obatasamlambung #oriflakes #umbigarut #dietalami #atasimaag #serealumbigarut #ciriciriasamlambung #lambung